Januari 26, 2011

Dilema mahar

Hadeeuuhh pusing bgt klo ngomongin mahar, apalagi kayanya mahar lebih identik dengan emas dan tau sendiri kan emas harganya naiiiiikkkk mulu klo gak cepet2 beli bisa selangit harganya dan budget yg ada bisa membengkak atauuu budget ttp sama tapi jumlahnya jadi berkurang hiksss..


Sebenernya mahar emg urusan para CPP krn memang kewajiban mereka untuk memberikan mahar kepada CPW yg ingin mereka nikahi, jumlahnya tentu aja berdasarkan keinginan si CPW yg juga disesuaikan dengan kemampuan si CPP. Klo CPW nya minta mahar berupa rumah trus CPP nya gak mampu gimana? Yaaaa CPW musti ngerti lahhh, lagian klo emang cwo sayang sm cwe nya, masa iya sihh klo dia mampu gak dikasih, iya kan?? Trus klo CPP mampu beliin rumah tapi si CPW cuma minta yg jumlahnya jauh lebih sedikit, yaa Alhamdulillah dehhh CPP nya brarti CPW gak banyak mau nya..hahaha gak kaya aku :p


Dari awaaaaall bgt aku tuh sebenernya pgn bgt dikasih mahar emas batangan *eitsss bukan emas batangan yg segede gaban lohh, yg 20 gram aja kok* tapi begitu coba cari info ke Antam ehhh kok ternyata ribet bgt yahh, gak semudah yg aku bayangin.. kirain cuma confirm mo beli yg berapa gram, transfer uang dan ambil barang deh. Gak taunya tuhh barang yg bisa kita beli itu yaa yg ready stock aja, dan biasanya ready stocknya itu gak banyak dan gak semua ukuran ada, kadang sehari cuma ada yg 2 or 5 gram dan customer service nya susahhhh aja deh di tellfonnya. Jadi intinya klo aku mo beli 20 gram yaa musti rajin2 cek website nya mereka siapa tau pas ada ready stock. Alternative lain beli melalui perantara, ini lebih mudah daripada beli langsung ke antam tapiiiiiiii mereka kenain buying fee sekitar 2% - 3% yang artinya ada biaya tambahan yg lebih besar


Okehhh lupakan emas batangan, beralih ke perhiasan.. tapi oh tapiii dipenghujung tahun 2010 harga emas melonjak mencapai 412.000 / gr (logam mulia) itu artinyaaaaa jumlah gram yg bakalan aku dapet akan semakin kecil, tiiidddaaakkkk.. dengan berat hati cari alternative mahar yg lain daaaan eng ing eeeeng aku dapet ide, mahar berupa deposito syariah, tohh itu juga kaya emas kok, nilainya akan meningkat walaupun gak sebesar emas dan merupakan investasi yang cukup aman, oiaaa bagi muslim kan deposito syariah dibolehkan.


Next cari2 info tentang deposito syariah.. di Indonesia ada beberapa bank syariah tapi entah kenapa aku Cuma melirik 2 Bank aja yaitu Bank Mandiri Syariah dan Bank BNI Syariah. Berikut info yang aku dapet :

Bank Syariah Mandiri
Investasi berjangka waktu tertentu dalam mata uang rupiah yang dikelola berdasarkan prinsip Mudharabah Muthlaqah.
Fitur: Jangka waktu yang fleksibel: 1, 3, 6 dan 12 bulan, dicairkan pada saat jatuh tempo, setoran awal minimum Rp2.000.000, biaya Materai Rp6.000.
Syarat: Perorangan: KTP/SIM/Paspor nasabah,
Manfaat: Dana aman dan terjamin, pengelolaan dana secara syariah, bagi hasil yang kompetitif, dapat dijadikan jaminan pembiayaan, fasilitas Automatic Roll Over (ARO).


BNI Syariah
BNI iB Deposito diperuntukkan bagi mereka yang ingin memiliki investasi berjangka yang menguntungkan dan menenangkan. Menggunakan prinsip Mudharabah Mutlaqah, BNI iB Deposito mengelola dana masyarakat dengan cara disalurkan untuk pembiayaan usaha produktif maupun pembiayaan konsumtif yang halal dan bermanfaat untuk kemaslahatan umat.
Keunggulan: Dapat diperpanjang secara otomatis, bagi hasil yang kompetitif setiap bulannya, investasi disalurkan untuk pembiayaan di sektor yang halal, dapat digunakan sebagai jaminan pembiayaan
Persyaratan: Menyerahkan fotokopi identitas diri (KTP, Paspor), setoran awal minimum Rp 1000.000,-, menandatangani perjanjian nisbah bagi hasil, mengisi formulir pembukaan rekening dan formulir KYC, verifikasi atas kebenaran data


Ehhh udah seneng2 dapet alternative yang bagus ternyata mama ku gak setuju.. hwaaaaaaaaa, mamaaaaaaaaaa kenapa gak setuju sihh, kata mama “kak menurut mama klo maharnya emas lebih tinggi prestige nya” baiklahh mamaku chayankk aku nurut aja *kecupss mama. Kembaliiiii padanyaaaaa “perhiasan” dan alhamdulillahnya 2 minggu terakhir ini harga emas cenderung turunnn yaiiiyyyyyyyy *joged2* jadi langsung janjian sm arief dan mama sabtu ini beli mahar di Cikini *toko emas langganan mama* wlpn sebenernya pengen pesen di Soulmate tapi yaudahlahh nyeneng2in mama pesen ditoko langganannya.

Dan setiap hariiiii kerjaanku mantengin website Logam Mulia - Antam dan Emas 24 buat mantau perkembangan harga emas..hehehe *segitu niatnya*. Mudah2an sampe akhir minggu ini turun terus harganya.. amiiiinnnn..

2 comment:

  1. yuhuu auuull.. tadinya aku juga mau emas batangan, tapi oh tapi, 20gram itu kueciill imut2 gituu bukan? jadi setelah dipikir2, mending juga emas perhiasan ajaah.. biar keliatan *congkak* ;D

    btw, toko emas langganan mamahmu itu namanya apa? pgn bikin di cikini juga, tp gatau yg bagus yg mana..

    BalasHapus
  2. betuuulll skaliii.. katanya di frame foto 4R juga muat, brarti emg imut2 bgt.

    jadiiii perhiasan aja, udah gitu dgn jmlh uang sama bisa dapet jumlah gram yg lbh banyak..hehehe

    nanti aku tanyai yaaa nama tokonya, tenang aja nanti pasti aku update, ok bebihh..

    BalasHapus

Blog Template by Minimilia