September 27, 2011

stretchmark

perutku duluuuu tak begini kini sdh tak rata lagiii hahaha *emg gak pernah rata sih dr dulu juga :p
eh tapi bener deh skr perutnya udah mulai kliatan lohhh, udah pake celana ‘kangguru’ (baca: celana hamil) cuma aku suka aja nyebutnya celana kangguru.. semua celana2 ku udah gak bisa dipake lagi dan berasa bukan Cuma pertambahan ukurannya tapi juga rasa gatalnya. Belum teramat sangat sihh baru sesekali aja brasa gatalnya itupun blm sering tapi udah tanda2 yahhh, tanda2 klo kulit perutnya sudah mulai melarrrrr.

Nahh ini juga tanda awal akan terjadinya stretch mark, yaa walaupun ngga semua ibu-ibu hamil mengalami SM.. tapi katanya sihh semua yg hamil itu beresiko utk ngalamin SM. Im wondering.. sebenernya SM itu apa sih dan bisa gak yahh dihindari???

Berikut hasil pencarian tentang SM
“Seiring dengan pertumbuhan janin, kulit mengalami peregangan melebihi daya elastisitasnya. Jika kulit tidak cukup lembab dan kemampuannya memproduksi Ceramide (komponen sejenis  lemak yang berpengaruh pada elastisitas kulit) tidak bisa mengimbangi peregangan yang terjadi, maka timbullah stretchmark.Uniknya, stretchmark juga dapat dipicu oleh ketidakseimbangan hormon, sehingga kemampuan kulit untuk beregenerasi dan memproduksi Ceramide terganggu”
Tips mencegah stretchmark:
Mengkonsumsi cukup protein dan cukup tidur. Selain bermanfaat bagi janin, protein juga berperan untuk  meregenerasi sel termasuk sel kulit.

Jaga agar penambahan berat badan sesuai dengan yang dianjurkan, berdasarkan perkembanan janin. Penambahan berat badan secara cepat dan berlebihan hanya akan memperparah kondisi stretchmark.

Oleskan cream pelembab anti stretchmark ke seluruh tubuh sejak awal kehamilan, khususnya bagian perut, lengan atas, paha, dan panggul.

Hindari untuk menggaruk karena akan memperparah kondisi kulit dan menyebabkan terjadinya jaringan parut.

Gunakan cream anti stretchmark yang mengandung cukup moisturiser dan ceramide, seperti 'Nourishing Stretchmark Cream' dari Cussons First Years New Mum. Juga diperkaya dengan Cammomile, berfungsi untuk melindungi kulit dari iritasi ringan dan gatal.
Jangan lupa, waktu yang paling tepat untuk mengoleskan cream anti stretchmark adalah segera sehabis mandi. Karena pada saat ini kulit dalam kondisi bersih dan lembab, sehingga penyerapan cream menjadi optimal.

Taken from here



Dan stlh banyak nanya2 ke para ahlinya alias mommy yg udah melahirkan, rata2 sih ngalamin yg namanya SM, ada yg dikit ada yg banyak dan tenyata ada juga yg gak ngalamin sama sekali. Mungkin tergantung sm elastisitas kulit org yg berbeda-beda yaa.. walaupun sebenernya yg namanya SM itu bisa dibilang suatu pengorbanan seorang wanita untuk menjadi ibu tapi aku pribadi pengennya ttp tampil cantik didepan suami setelah melahirkan nanti eventhough dia gak nuntut untuk itu, balik lagi kalo bs berkorban untuk menjadi seorang ibu dan skaligus bisa memberikan keindahan bagi suami pasti kebahagiaannya double.. hahaha gaya bener yaa..


Kalau bacaan diatas kan ada pesan sponsornya tuh, merk apa bisa dipake utk mencegah stretchmark.. sebenernya banyak juga produk2 alami atau produk2 bermerk lainnya yg bisa dipakai. Untuk yg alami misalnya VCO, olive oil atau produk bermerk yg harganya terjangkau kaya baby oil atau bahkan banyak juga yg pake body butternya TBS. Mau pake yg mana mungkin tergantung cocok2an kali yaa, nahh udah beberapa hari ini aku nyoba baby oil dan body butter TBS. Jadi bagian yg aku balurin baby oil sekitaran perut, payudara, lengan, paha dan bokong karena mmg biasanya ditmpt itulah strecthmark muncul. Kelebihan baby oil, namanya aja oil yaa jadinya lembab bgt tapi aku sndiri gak betah klo pake baby oil jadi lengket dimana2, suami ku juga complain katanya ky orang abis fitness, lengkeeetttt

Nah skr sih lagi nyoba bodybutternya TBS, jauh lbh nyaman sih krn menyerap gitu kan.. sempet juga nanya sama dokter kulit ttg keamanan produk ini buat ibu hamil dan katanya dokterku sih gak ada masalah dgn bodybutternya TBS. Tapi aku msh penasaran nih sm olive oil, Cuma blm smpt nyarinya hehehe.. klo yg ada yg udah pernah nyoba boleh juga tuh reviewnya :p

4 comment:

  1. adaa obat anti SM yg dipek c artis shanty tpi gak tau merk apaan.. yg jelas katanya c ampuh bgt buat gak timbul tuh SM

    BalasHapus
  2. ah..si gatal2itu..klo aku pake jergens ultra healing mix sama body butter olive nya mustika ratu+olive oil..lumayan berkurang sih gatel2nya..

    BalasHapus
  3. ^ndha : wakkk jgn2 harga obatnya shanty selangit..

    ^ola : say itu jergen beli dmn? iya nih dr kmrn pake body butternya mustika ratu.. enak gak gitu lengket

    BalasHapus
  4. Hi Jeung..salam kenal yaa..nice blog..pamit nge-link yaa ;) -Dina-

    BalasHapus

Blog Template by Minimilia